Baru! Daftar Lengkap Saham Dividen Tinggi Februari-Juli 2021

Date:

[Waktu baca: 3 menit]

Bursa Efek Indonesia (BEI) mengumumkan daftar saham yang masuk ke dalam Indeks IDX High Dividend 20 periode Februari-Juli 2021. Dalam daftar terbaru ini, dua saham dikeluarkan dari  Indeks IDX High Dividend 20 yaitu Gudang Garam (GGRM) dan Matahari Department Store (LPPF).

Sebagai gantinya, BEI memasukkan dua saham baru yaitu Waskita Beton Precast (WSBP) dan Puradelta Lestari (DMAS) dalam IDX High Dividend 20 pada periode Februari-Juli 2021. 

Dalam pengumumannya, BEI menyatakan telah melakukan evaluasi mayor untuk menetapkan daftar saham dan menyesuaikan bobot atas saham-saham yang digunakan dalam penghitungan Indeks IDX High Dividend 20 tersebut.

Baca juga: Cara Menghitung Dividen Bagi Investor Saham Pemula, Mudah!

Berikut ini saham Indeks IDX High Dividend 20  periode Februari-Juli 2021:

No. Kode Nama Saham
1. ADRO Adaro Energy Tbk.
2. ASII Astra International Tbk.
3. BBCA Bank Central Asia Tbk.
4. BBNI Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.
5. BBRI Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.
6. BMRI Bank Mandiri (Persero) Tbk.
7. CPIN Charoen Pokphand Indonesia Tbk
8. DMAS Puradelta Lestari Tbk.
9. HMSP H.M. Sampoerna Tbk.
10. INDF Indofood Sukses Makmur Tbk.
11. INTP Indocement Tunggal Prakarsa Tbk.
12. ITMG Indo Tambangraya Megah Tbk.
13. KLBF Kalbe Farma Tbk.
14. PGAS Perusahaan Gas Negara Tbk.
15. PTBA Bukit Asam Tbk.
16. TLKM Telkom Indonesia (Persero) Tbk.
17. TOWR Sarana Menara Nusantara Tbk.
18. UNTR United Tractors Tbk.
19. UNVR Unilever Indonesia Tbk.
20. WSBP Waskita Beton Precast Tbk.

 

 

 

Indeks IDX High Dividend 20 atau indeks yang mengukur pergerakan harga 20 saham yang mendistribusikan dividen tunai dalam tiga tahun terakhir dan memiliki dividen yield yang lumayan tinggi.

Dividend yield adalah dividen per saham dibagi harga saham (biasanya harga pada hari terakhir cum date). Dividend yield kerap dianggap sebagai tingkat keuntungan yang diberikan perusahaan kepada pemegang sahamnya dalam pembagian dividen. Dari daftar yang dibuat BEI itu, investor bisa memilih saham yang konsisten memberikan dividen.

Baca juga: 44 Perusahaan yang Rutin Bagi Dividen Lebih Dari 10 Tahun Berturut-turut

Indeks ini relatif baru di BEI yaitu diluncurkan sejak 17 Mei 2018 dengan base date 30 Januari 2009. Selain distribusi dividen tunai dalam tiga tahun terakhir, saham yang masuk indeks ini adalah saham yang memiliki nilai transaksi di pasar reguler minimal Rp1 miliar dalam 3, 6 dan 12 bulan terakhir.

Sama seperti indeks lainnya, saham yang masuk IDX High Dividend 20 juga ditinjau ulang setiap Januari dan Juli. Sebagian besar saham yang masuk ke dalam indeks ini adalah saham yang berkapitalisasi pasar (big caps) dan sering dianggap sebagai blue chip stocks.