Simak! 5 Tips Penting Sebelum Beli Rumah

Date:

[Waktu baca: 4 menit]

Rumah, baik dalam bentuk rumah tapak atau apartemen, sering dianggap sebagai salah satu kebutuhan dasar. Pada masa lalu, rumah sering disebut dengan istilah "papan" yang menjadi tiga kebutuhan pokok manusia yaitu sandang (pakaian), pangan (makanan) dan papan (rumah).

Bagi sebagian orang, membeli rumah adalah sebuah keputusan besar. Membeli rumah tidak seperti membeli es teh manis yang dapat dilakukan kapan saja. Tidak sedikit orang yang rela dan terpaksa berutang untuk membeli rumah.

Rumah tidak jarang menjadi benda yang paling mahal yang dibeli oleh seseorang sepanjang hidupnya. Selain menjadi tempat tinggal, rumah kini juga dijadikan sebagai sarana investasi dengan cara disewakan kepada orang lain.

Membeli rumah sering diumpamakan seperti mencari jodoh.  Sebagian orang puas dan senang dengan rumah yang dipilihnya, namun sebagian orang lainnya terkadang merasa kecewa dan menyesal atas pilihannya. 

Apa saja yang sebenarnya harus diperhatikan sebelum membeli rumah? Berikut ini tipsnya:

1. Tentukan Tujuan

Sebelum membeli rumah, calon pembeli perlu menentukan tujuannya terlebih dulu. Apakah kita membeli rumah tersebut untuk tempat tinggal atau investasi?

Tujuan yang berbeda akan berdampak terhadap perencanaan dalam membeli rumah tersebut. Saat membeli rumah untuk investasi, misalnya, calon pembeli perlu membuat proyeksi bagaimana investasi tersebut menghasilkan keuntungan, bukannya kerugian, dari kegiatan sewa rumah.

2. Survei Lokasi

Lokasi adalah salah satu hal penting yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli rumah. Jarak dari atau ke tempat kerja, pusat perbelanjaan, pusat keramaian, sekolah, jalan tol, jalan raya, rumah sakit dan sebagainya menjadi pertimbangan yang perlu diperhatikan.

Dalam jangka panjang, rumah yang terlalu jauh dari tempat kerja akan menimbulkan tantangan tersendiri dalam hal biaya serta waktu. Begitupula apabila rumah tersebut jauh dari fasilitas lainnya. 

Oleh karena itu, sebelum membeli rumah, calon pembeli perlu melakukan survei ke lokasi dan mengukur seberapa jauh jarak rumah tersebut dengan lokasi lain yang diperkirakan akan sangat sering dikunjungi setelah membeli rumah.

3. Periksa Kredibilitas Pengembang

Kredibilitas pengembang perlu dipastikan oleh calon pembeli rumah. Berdasarkan sejumlah pengalaman, tidak sedikit penipuan terjadi dilakukan oleh pihak yang mengaku sebagai pengembang (developer). Tidak ada salahnya memeriksa reputasi pengembang tersebut dari berbagai sumber seperti internet.

Selain soal penipuan, calon pembeli perlu memastikan kualitas rumah yang dibangun oleh pengembang tersebut dengan cara melakukan survei ke perumahan atau apartemen yang pernah dibangun oleh pengembang tersebut.

4. Pikirkan Kemampuan Finansial

Kemampuan finansial adalah hal krusial yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli rumah. Calon pembeli harus memastikan bahwa dirinya memiliki uang setidaknya untuk membayar uang muka rumah tersebut. Uang itu bisa berasal dari milik sendiri atau utang dari bank.

Di samping itu, calon pembeli perlu memastikan penghasilan yang dimiliki mencukupi untuk membayar angsuran pembayaran rumah apabila rumah tersebut dibeli dengan cara kredit dalam jangka waktu tertentu.

5. Perhitungkan Biaya

Saat membeli rumah, pembeli tidak hanya membayar tanah atau bangunan, namun juga biaya-biaya lain yang akan muncul setelah properti tersebut dibeli. Biaya-biaya itu perlu dipikirkan sejak sebelum seseorang membeli rumah.

Bagi pembeli apartemen, misalnya, yang harus membayar iuran atau yang sering disebut sebagai maintenance fee, biaya parkir, biaya listrik, biaya air dan biaya perbaikan apabila bagian dari tempat tinggal kita mengalami kerusakan.

Selain itu, pembeli rumah juga perlu mempertimbangkan berbagai biaya yang harus dibayar seperti pajak, balik nama (apabila membeli rumah dari orang lain), biaya asuransi dan sebagainya. Perhitungan biaya ini perlu disesuaikan dengan kemampuan finansial calon pembeli rumah tersebut.
 

Big Alpha akan menyelenggarakan webinar "Propertalk: Tips-tips Jitu Beli Rumah Perdanamu" pada 27 September 2020 pukul 15.00 WIB. Raih kesempatan mendapatkan cashback puluhan juta Rupiah untuk pembelian rumah perdanamu.  Klik di sini untuk pendaftaran.