ORI 018 Versus Deposito Bank BUMN, Cuan Mana?

Date:

[Waktu baca: 5 menit]

Pemerintah menawarkan Obligasi Negara Ritel (ORI) 018 pada 1 Oktober-21 Oktober 2020 dengan kupon sebesar 5,7%. Ini adalah ORI kedua yang diterbitkan oleh pemerintah melalui Kementerian Keuangan pada 2020 setelah ORI 017 pada Juni 2020.

Sesuai namanya, ORI seri 018 adalah ORI ke-18 yang diterbitkan oleh pemerintah sejak pertama kali diterbitkan pada 2006. Besaran kupon ORI yang ditetapkan biasanya disesuaikan dengan suku bunga acuan bank sentral, BI 7-days Reverse Repo Rate. 

Pada saat ORI 018 diterbitkan, BI 7-days Reverse Repo Rate sebesar 4% atau terendah sejak krisis moneter 1998.. Suku bunga acuan itu telah diturunkan oleh BI sebanyak empat kali sejak awal 2020 seiring perlambatan ekonomi di Indonesia akibat pandemi virus corona.

Investasi ORI kerap dibandingkan dengan investasi di deposito bank BUMN. Dalam situs resmi ORI 017, misalnya, disebut "Kupon (ORI) ditawarkan lebih tinggi dibandingkan rata-rata tingkat bunga deposito bank BUMN".

Benarkah? Mari kita bandingkan.

Kupon ORI 018 Vs Deposito

Untuk keperluan pembandingan, kami mengambil contoh bunga deposito yang ditawarkan bank BUMN yang masuk dalam kategori bank buku IV atau memiliki modal inti di atas Rp30 triliun yaitu Bank Mandiri, BNI, BRI. 

Berdasarkan data di setiap situs bank tersebut per Rabu, 30 September 2020, bunga deposito untuk jangka waktu 12 atau 24 bulan sebesar 3,5% (Bank Mandiri), 3,5% (BNI) dan 3,5% (BRI). 

Berikut ini simulasi perhitungannya:

Simulasi di atas menggunakan perhitungan pembayaran bunga atau kupon dalam jangka waktu 12 bulan atau 1 tahun. Jangka waktu ORI 018 sebenarnya selama 3 tahun, namun bisa dijual di pasar sekunder setelah minimum holding period (MHP).

Sementara itu, deposito biasanya bisa diperpanjang dengan fasilitas automatic roll over yang ditawarkan perbankan. Deposito dan ORI memiliki sejumlah perbedaan mendasar antara lain:

Apa yang dimaksud sebenarnya dengan investasi ORI? Penjelasan lebih lengkap mengenai investasi ORI bisa dibaca di artikel ini. Sementara itu, tren kupon ORI sejak 2006 hingga 2020 bisa dilihat di artikel ini. Perbedaan ORI dan "saudaranya" yaitu Savings Bond Ritel (SBR) bisa disimak di sini.