Personal Finance

Catat! Ini 7 Manfaat Menabung yang Kamu Perlu Tahu

[Waktu baca: 4 menit]

Menabung adalah salah satu aktivitas pengelolaan keuangan yang paling sederhana. Merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), menabung adalah aktivitas menyimpan uang. Di mana menyimpan uang itu? Pada zaman dulu, banyak orang menabung di bawah bantal atau di dalam lemari.

Seiring perkembangan jaman, tempat yang paling populer untuk menabung uang pada saat ini adalah bank. Di satu sisi, menabung di bank akan mendapatkan bunga dan di sisi lain juga perlu membayar biaya penyimpanan kepada bank. 

Bank sering dianggap sebagai tempat paling aman untuk menyimpan uang pada saat ini karena simpanan bank dijamin oleh lembaga pemerintah bernama Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Jadi, jangan takut menabung di bank ya!

Yang menjadi pertanyaan, apakah menabung adalah kegiatan yang bermanfaat? Apa saja manfaat menabung? Simak sejumlah manfaat menabung berikut ini:

1. Memiliki Dana Darurat

Menabung dapat membuat seseorang memiliki dana darurat. Dana darurat adalah dana yang disiapkan untuk membiayai segala bentuk kebutuhan di masa depan yang sifatnya mendadak atau tidak bisa diprediksi.

Contoh yang bisa ditemukan di kehidupan sehari-hari adalah saat kamu diberhentikan dari pekerjaan, ada anggota keluarga yang sakit hingga butuh biaya berobat cukup besar atau bencana alam yang merusak rumah atau aset kita.

Dana darurat idealnya setara dengan 3-6 kali pengeluaran bulanan buat kamu yang masih lajang, atau 6-12 kali pengeluaran bulanan buat kamu yang sudah menikah. Dana darurat itu dapat digunakan sebagai sumber dana di luar utang saat ada peristiwa yang tidak diinginkan menimpa kita.

2. Mencegah Berutang

Menyambung poin pertama, menabung mencegah kita untuk berutang dari orang lain saat kita sedang membutuhkan uang untuk keperluan mendesak. Dengan menabung, kita terbiasa menyimpan uang yang cukup yang dapat digunakan suatu saat.

Saat memiliki tabungan maka kita lebih siap saat ada kebutuhan mendadak, mendesak, atau keperluan lain yang butuh pendanaan cepat. Coba bayangkan jika kita tidak memiliki tabungan saat ada hal mendesak yang perlu segera dibiayai!

3. Menyiapkan Masa Depan

Menabung dapat digunakan untuk mempersiapkan masa depan, baik masa depan diri sendiri atau anggota keluarga. Mempersiapkan masa depan tersebut dapat dalam hal pendidikan atau kesehatan. Misalnya, kamu telah menikah dan segera memiliki anak. Kamu bisa mulai menabung untuk mempersiapkan dana pendidikan anak.

4. Melatih Kesabaran

Menabung bisa melatih kesabaran. Aktivitas menabung bisa menjadi jurus orang tua untuk mengajarkan anak untuk berusaha menyisihkan uang demi mendapat sesuatu yang diinginkan. Proses menabung yang seringkali tidak dapat dilakukan secara instan itu dapat bermanfaat untuk melatih kesabaran seorang individu.

5. Melatih Disiplin

Manfaat yang satu ini tidak hanya dirasakan oleh anak-anak, tapi juga orang dewasa. Kamu bisa membiasakan diri secara disiplin menyisihkan sebagian penghasilan kamu untuk ditabung.

Untuk menekankan konsep disiplin, kamu  bisa memberi tantangan kepada diri sendiri untuk secara rutin menabung dalam nominal tertentu setiap bulan. Misalnya, biasakan menyisihkan sejumlah nominal tertentu di tabungan setiap bulannya. Dengan begini maka kamu akan terbiasa dan disiplin dalam menyisihkan uang. 

6. Menghargai Uang yang Dimiliki

Menabung bisa membuat kita lebih menghargai uang yang dimiliki. Misalnya, seseorang yang sudah terbiasa menabung sebelum membeli sesuatu yang  diinginkan tentu akan merasakan bagaimana perjuangannya dalam mengumpulkan uang. 

Dengan begitu, ia akan lebih menghargai uang yang ada karena uang itu sangat berguna baginya. Kita juga akan lebih menghargai produk atau barang dibeli berdasarkan jerih payah menabung. 

7. Membiasakan Tepati Janji

Ya, menabung dengan konsisten ternyata membangun kebiasaan menepati janji. Janji kepada siapa? Ya kepada diri kita sendiri. Pada prinsipnya, ketika kita berkomitmen untuk rajin menabung, maka kita berjanji kepada diri sendiri untuk melakukan sebuah praktik perencanaan keuangan yang sederhana. Hal tersebut tidaklah mudah, tapi bukan sesuatu yang mustahil.


 

Tags in: Tabungan

Related articles

Others You Might Like

Leave a Comment

You need to login before leave a comment.

Login